Senin, 23 Maret 2009

World Water Day


Artikel ini seharusnya di-posting kemarin, tapi better late than never kan? Sejak tahun 1993, dunia memperingati hari air sedunia setiap tanggal 22 Maret. Peringatan ini diprakarsai oleh PBB, tepatnya pada Konferensi PBB terhadap Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro pada tahun 1992.
Setiap tahun ditetapkan tema yang berbeda. Berikut ini tema-tema peringatan Hari Air Sedunia dari tahun ke tahun:
-2009: Air Bersama Peluang Bersama
-2008: Sanitasi
-2007: Mengatasi Kelangkaan Air
-2006: Air dan Kebudayaan
-2005: Air untuk Kehidupan
-2004: Air dan Bencana
-2003: Air untuk Masa Depan
-2002: Air untuk Pembangunan
-2001: Air untuk Kesehatan
-2000: Air untuk Abad 21
-1999: Setiap Orang Tinggal di Daerah Hilir
-1998: Air Tanah-Sumber Daya yang Tidak Kelihatan
-1997: Air Dunia, Cukupkah?
-1996: Air untuk Kota-kota yang Haus
-1995: Wanita dan Air
-1994: Peduli akan Sumber Daya Air adalah Urusn Setiap Orang

Jika mau tahu lebih jelas mengenai Peringatan Hari Air Sedunia, silahkan berkunjung ke www.worldwaterday.com atau salah satu site orang-orang yang menaruh perhatian pada issue ini seperti www.juniawan.wordpress.com.
Kalau saya pribadi sih belum banyak yang dilakukan untuk issue ini. Paling banter saya berusaha menggunakan air seperlunya, walaupun gratis. Di rumah kebetulan saya menggunakan air sumur. Beruntungnya saya, air sumur ini bening dan tidak berbau sama sekali. Tidak perlu disaring. Boleh dibilang malah lebih bagus dari air PDAM Tirtanadi, yang terkadang berbau dan keruh itu, apalagi terkadang aliran air PDAM kecil sekali. Awal pindah ke rumah yang sekarang, saya sempat berfikir mau jadi pelanggan PDAM, tapi setelah menimbang gak ada untungnya, (bayar lagi!) saya tidak jadi pasang air leding. Ditambah lagi, biarpun di musim kemarau, volume air sumur saya tidak mengecewakan, alias tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-sehari.
Ayoo... gunakan air seperlunya saja....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar